Kebebasan Finansial

Step By Step Menuju Financial Freedom Ala Dave Ramsey

Ingin tahu bagaimana langkah untuk mencapai financial freedom ala Dave Ramsey?

Walaupun memang saat ini kamu memiliki banyak utang yang melilit, tetap jangan menyerah yah! Masih ada banyak jalan untuk kamu lakukan agar bisa mencapai kebebasan finansial alias financial freedom ini.

Sebelum membahasnya, kita akan mengetahui dahulu tentang Dave Ramsey ini.

Siapa Dave Ramsey?

Dave Ramsey

Pasti banyak yang bertanya-tanya, siapa sih Dave Ramsey? Kenapa sih harus ngikutin tip financial freedom dari dia?

David L. Ramsey III adalah pria kelahiran 3 September 1960 yang sudah menjalani banyak profesi seperti bisnis, pembawa acara radio, penulis, dan juga motivator yang terkenal. Bidang utama yang digelutinya adalah pendekatan terhadap keuangan pribadi dan juga rumah tangga, termasuk di dalamnya mengelola utang.

Program radio milik Dave, yaitu The Dave Ramsey Show telah disiarkan di 500 lebih stasiun radio di Amerika dan juga Kanada. Selain membawakan sebuah acara, Dave juga telah mendirikan beberapa perusahaan. Diantaranya ada The Lampo Group, Inc., Financial Peace University, EntreLeadership, The Legacy Journey, dan juga EveryDollar.

Sebagai seorang motivator khususnya di bidang keuangan, Dave Ramsey punya beberapa tip mencapai financial freedom yang cukup aplikatif lo. Mau tahu?

Cek yuk.

Cara Mencapai Financial Freedom ala Dave Ramsey

Financial freedom adalah kondisi di mana seseorang sudah memiliki cukup uang untuk memenuhi kebutuhan dan juga gaya hidup tanpa perlu bekerja lagi. Uang didapatkannya melalui aset produktif yang dapat memberikan penghasilan secara rutin.

Sounds legit eh?

Nah, berikut tip menggapai kebebasan finansial ala Dave Ramsey.

Step By Step Menuju Financial Freedom Ala Dave Ramsey

1. Belajar Mengatur Keuangan

Perlu kamu ketahui, bahwa kebebasan finansial ini tidak akan bisa kamu capai apabila kamu hanya bergantung pada gaji atau upah bulanan saja. Karena itu, targetmu adalah memiliki pendapatan aktif. Nah, memiliki pendapatan aktif ini bukan upaya semalam doang.

Pertama, kamu butuh rencana. Tanpa adanya sebuah rencana, maka bisa jadi kamu enggak tahu apa yang mesti dilakukan, pun enggak sadar apa yang harus diperbaiki.

Rencana bisa kamu buat dengan baik jika kamu sudah tahu caranya mengatur keuangan. Maka, kalau memang butuh, belajarlah dasar-dasar keuangan dulu.

Beberapa hal yang harus kamu pelajari adalah:

  • Melakukan pencatatan pemasukan dan pengeluaran. Lakukan secara detail.
  • Membuat anggaran. Kalau masih kesulitan, buatlah dari mingguan dulu. Baru kemudian buat anggaran bulanan jika kamu sudah bisa mendapatkan pola keuangan secara mingguan.
  • Tentukan pos-pos kebutuhan. Biasanya sih kita punya 4 pos: pos kebutuhan rutin, pos cicilan utang dan tagihan, pos investasi, dan pos hura-hura. Kamu boleh menyesuaikannya dengan kondisimu.

2. Perbaiki Keuangan Kamu

Setelah kamu sudah melakukan langkah pertama, maka kamu perlu melanjutkannya dengan memperbaiki apa yang kurang oke. Perbaikan ini dilakukan untuk memperoleh kondisi keuangan yang lebih baik lagi.

Apabila saat ini kamu memiliki sebuah utang, maka kamu perlu skema cicilan yang komprehensif. Ingat, karena dengan adanya utang ini, maka gaji kamu bukanlah milik kamu seorang, namun juga jadi milik orang lain.

Setiap kamu gajian, otomatis uang kamu akan habis duluan untuk membayar cicilan utang. Melunasi utang adalah salah satu poin untuk kamu bisa mencapai financial freedom dengan cepat. Mulailah dengan menyisihkan sebagian besar penghasilan kamu untuk melunasi utang. Kalau perlu, cari alternatif pemasukan atau penghasilan yang lain untuk mempercepat pelunasan utang ini.

Intinya, lebih cepat kamu terbebas dari utang, akan lebih baik.

Walaupun memang akan cukup sulit, namun kamu dapat menikmati kebahagiaan di akhir pada saat utang kamu seluruhnya lunas.

Begini Cara Menghitung Net Worth untuk Memastikan Progress Finansialmu Sesuai

3. Bangun Karier dengan Cerdas

Hemat bukanlah kunci utama untuk bisa mencapai sebuah kebebasan finansial, walaupun memang sikap berhemat masuk ke dalam poin financial freedom. Kunci utama untuk kamu bisa mencapai kebebasan finansial adalah pemasukan.

Dari mana pemasukan itu kamu peroleh? Salah satunya adalah melalui pekerjaan atau karier yang saat ini sedang kamu jalani. Maka dari itu, cukup penting untuk kamu membangun jenjang karier yang baik. Dapatkan pekerjaan dan menghasilkan gaji yang baik adalah proses yang perlu kamu lakukan untuk bisa mencapai kebebasan finansial dengan cepat.

4. Bangun Strategi untuk Jangka Panjang

Pernahkah kamu membayangkan apabila kamu terpaksa menarik dana pensiun kamu hanya karena mobilmu rusak dan perlu diperbaiki? Atau pernahkah membayangkan apabila terpaksa menggunakan kartu kredit untuk belanja kebutuhan sehari-hari?

Disarankan untuk enggak menggunakan uang tabungan masa depan untuk kebutuhan hari ini. Jika kamu ingin mencapai financial freedom, maka kamu harus memiliki dana darurat untuk mengatasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi secara tiba-tiba seperti ini. Seperti untuk biaya rumah sakit, biaya kerusakan kendaraan, dan lain sebagainya.

Apabila kamu memiliki dana darurat, maka kamu dapat sedikit lebih tenang apabila hal-hal tak terduga terjadi. Dana darurat juga merupakan salah satu faktor penting untukmu bisa mencapai kebebasan finansial.

Kenapa dana darurat ini masuk ke dalam salah satu faktor pendukung untuk mencapai financial freedom? Karena dengan kamu memiliki dana darurat, maka kamu akan terhindar dari yang namanya meminjam uang. Dan tentunya, kamu tidak akan terjerat utang untuk kesekian kalinya.

Akan lebih baik juga jika dilengkapi dengan asuransi yang tepat.

Rule 72: Aturan Melipatgandakan Hasil Investasi yang Perlu Kamu Tahu

5. Pelajari Investasi yang Ada

Apabila kamu memiliki uang yang cukup di tabungan kamu, maka segeralah untuk berinvestasi. Belajar terlebih dahulu ya, jangan ngasal juga.

Investasi ini sendiri cukup penting untuk kamu jalani, karena investasi adalah salah satu sumber penghasilan pasif yang nantinya akan mengantarmu mencapai kebebasan finansial. Berikut tip untuk memulai investasi ala Dave Ramsey.

Persiapkan Dana Pensiun

Ketika keuangan sudah cukup, maka kamu bisa memulai untuk merencanakan keuangan kamu untuk disiapkan sebagai dana pensiun. Kamu bisa juga memanfaatkan program dana pensiun dari pemerintah, sebut saja seperti BPJS Ketenagakerjaan dengan program Jaminan Hari Tua (JHT).

Dari sana, kamu bisa mengetahui berapa dana yang perlu kamu siapkan untuk dana pensiun kamu. Carilah investasi dengan tingkat pengembalian yang tepat sesuai dengan jangka waktu yang ditentukan.

Persiapkan Dana Pendidikan

Dana pendidikan sendiri cukup mahal, maka dari itu kamu perlu menabungnya sedini mungkin untuk anak-anak di masa depan. Cobalah cari instrumen investasi yang sesuai dan menghasilkan imbal yang sudah diperhitungkan sebelumnya. Perhitungkan juga tingkat inflasi ya.

Investasi Properti

Rumah bisa jadi salah satu modal besar untuk mendapatkan kebebasan finansial. Oleh karena itu, pilihlah rumah sesuai dengan kemampuan finansial kamu. Dengan demikian, hal tersebut tidak akan menjadi beban untuk mencapai kebebasan finansial.

Jika kamu pintar memilih rumah, maka nilai jualnya mungkin akan berlipat ganda di masa depan nanti. Ketika kamu memiliki uang yang cukup, maka segerakan untuk melunasi cicilan rumah kamu.

7 Faktor yang Memengaruhi Penentuan Perencanaan Dana Pensiun

Kesimpulan

Berinvestasi dan beberapa langkah di atas adalah hal penting yang harus kamu lakukan demi mencapai financial freedom.

Namun, ingat, investasi, punya dana darurat, punya rumah, dan sebagainya itu akan sia-sia jika kamu tak aktif untuk menjaga kondisi kesehatan keuangan kamu selama proses pencapaian ini.

Jadi, tak hanya memiliki rencana jangka panjang saja yang penting. Mulailah dengan memperbaiki kondisi sekarang, demi keuntungan yang bisa diraih di masa depan.

Demikian tip meraih financial freedom ala Dave Ramsey.

Gimana nih, sudah sampai di mana langkahmu menuju financial freedom? Semoga sudah semakin dekat dari hari ke hari ya.

Semangat!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.