Reksadana

Investasi Berkala Dengan IPOTFUND

Investasi berkala di jaman sekarang tidak perlu lagi repot–repot melakukannya secara manual. Dengan IPOTFUND kita dapat melakukannya dengan mudah. Asalkan ada jaringan internet, kita bisa melakukannya darimana saja dan kapan saja. Kemajuan teknologi jangan lagi cuma jadi pajangan. Bisa kita optimalkan untuk membantu meraih impian kita.

Misal saja mimpi penulis meraih financial freedom. Itu bukan mimpi yang bisa diraih dalam semalam. Untuk mencapai itu dibutuhkan investasi dalam jangka panjang.

Kalau melakukannya masih serba manual, mesti survei cek koran dulu, tiap mau investasi mesti isi form dulu. Ke bank dulu atau harus janjian ketemu sales dulu untuk tanda tangan basah. Uda keburu males duluan bawaannya.

Kalau lewat reksadana online kan jauh lebih enak. Sambil mupeng mimpi financial freedom di rumah, ngitung–ngitung duit, kita tinggal keluarin laptop ato hp trus klik–klik sebentar, berees deeh..

simulasi investasi berkala dengan ipotfund
ngimpii tajir dulu aah =P

Mimpi Financial Freedom

Buat kalian yang mengikuti blog penulis dari awal tentu sangat menyadari betapa desperadonya penulis pada impian meraih financial freedom.

Pada suatu titik beberapa tahun lalu penulis menjadi sangat menyadari, penulis bukan siapa–siapa, dan begitu lemah ketika berada dalam kondisi yang penulis tidak sukai aka dapur harus tetap ngebul gan =P

Percuma gaya petantang petenteng megang kopi starbuck setiap hari, memakai setelan baju yang kinclong nan bling bling, tapi bayar kartu kreditnya selalu minimum setiap bulan.

Kita terjebak dalam kehidupan Rat Race, sibuk lembur, sibuk cari perhatian atasan, tapi tetep aja sibuk jadi karyawan gajian yang hidupnya ga akan pernah jauh dari cicilan, dan bila kita tidak bekerja, we are so deaaad..

 Makanya untuk bisa keluar dari lingkaran setan itu yang diperlukan adalah Financial Freedom !!

Financial Freedom Tidak Eksklusif Untuk Anak Orang Kaya

Bersyukurlah kamu kalau terlahir dikeluarga kaya, uda disediain rumah, mobil, plus duit jajan dari papa.

Bersyukurlah kamu kalau berhasil dapat pasangan yang tajiiir, langsuuung lompat jabatan gaan!!

Namun bila tidak dianugerahi kedua hal diatas, kita tidak perlu mengutuk diri, mimpi financial freedom itu masih ada dalam genggaman..

Cukup menggunakan ilmu sihir yang namanya Compounding.

Com – poun – ding ?

Yes ! Bunga berbunga !!

Simple, tapi sangatlah powerfull.

Contoh chart di bawah bagaimana hasil investasi berkala mulai menukik keatas ketika investasi sudah mencapai 8 tahun.

simulasi bunga berbunga
The Power Of Compounding

Makanya, kita buat perencanaan investasi jangka panjang yang jelas, kita tentukan goal kita, Financial Freedom!! Lalu kita jalankan dengan disiplin.

Penulis tidak berencana mengomentari gaya hidup kalian supaya lebih irit, anyway penulis kadang-kadang juga ngopi starbuck kok. Waloopuun lebih banyaak beli kopi stand kecil deket kantor yang ngasi diskon OVO 30% wkwkwkwkwk.

Yang penting digarisbawahi adalah kedisplinan kita dalam berinvestasi untuk jangka panjang. Karena kita harus jalani hari demi hari. It’s not easy, we are millenials right..

The Power of Compounding

Saham sebagai salah satu kelas aset yang memiliki return yang paling baik dalam jangka panjang sudah barang wajib untuk kita miliki demi mencapai impian financial freedom. Kalau bukan pemain saham ga perlu khawatir, kita bisa berinvestasi melalui reksadana online.

peringkat reksadana saham di ipotfund

Dari tabel IPOTFUND evaluator di atas,  kita ketahui reksadana saham yang memiliki data historis memiliki return terbaik, 106% dalam 5 tahun, atau simplenya setiap tahun membukukan keuntungan 20%.

Kita bandingkan investasi kita apa bedanya bila dibandingkan dengan menaruh pada deposito saja yang memberikan bunga 5% nett nya setelah pajak?

Mari kita simulasikan dengan asumsi menyisihkan 2,5 juta penghasilan kita setiap bulan untuk investasi.

Dari simulasi kita ketahui bila memasuki tahun kelima, hasil investasi deposito adalah Rp 174 juta sementara reksadana saham Rp 268 juta, selisih hampir 1x lah kira – kira.

Namun memasuki tahun ke 10 selisihnya membesar hingga 3x lipat, dan memasuki tahun ke 15 menjadi hampir 4x lipat!!

Deposito hanya menjadi Rp 680 juta, namun bila berinvestasi saham kita jadi miliuuneeer!! jadi Rp 2,6 miliaar !!!

efek compounding dalam 15 tahun

Bayangin aja hanya dengan modal nyisihin 2,5 juta sebulan.

Jangan lupa juga dalam berjalannya waktu penghasilan kita akan meningkat, semakin besar yang bisa kita investasikan.

Oleh karena itu menjadi sangat penting menentukan instrumen investasi yang tepat, karena kombinasi dari return yang baik dan compounding sangatlah powerfull !!

Menurut hasil pengamatan penulis, kekuatan dari compounding baru mulai terlihat ketika hasil investasi mencapai 8 tahun dan seterusnya.

Investasi Berkala Dengan IPOTFUND

Ga perlu penulis promosiin juga kita sudah tahu IPOTFUND merupakan salah satu pionir reksadana online dan salah satu yang terbesar di Indonesia.

Kelebihannya bila kita membeli reksadana melalui IPOTFUND, kita tidak dikenai biaya menjual dan beli. Berbeda bila kita membelinya secara konvensional melalui perbankan atau jalur distribusi lainnya, biaya transaksi dapat mencapai 2%.

Nyamannya lagi IPOTFUND telah bekerjasama dengan 37 manajer investasi dan 235 produk reksadana, membuat kita banyak pilihan dalam berinvestasi.

Sementara bila kita melalui jalur distribusi konvensional umumnya hanya membangun kerjasama dengan 6 sampai 7 manajer investasi, pilihan menjadi terbatas.

Untuk melakukan investasi berkala kita bisa melakukannya dengan proses yang simple.

Pada IPOTFUND kita tinggal klik investasi berkala. Kemudian setelah masuk kita tentukan reksadana yang kita inginkan, setelahnya tentukan besaran nominal dan tanggal diinvestasikan setiap bulannya.

Jalaan deeh !

investasi berkala dengan ipotfund

Ga perlu lagi kita melakukan proses manual verifikasi ini itu, yang simple ga perlu dibuat ribet.

Tinggal gimana disiplinnya menyisihkan setiap bulan, secara yang namanya millenial biaya eksisnya kan tinggi kaka =P

Evaluasi Investasi Berkala dengan IPOTFUND

Investasi jangka panjang bukan berarti kita tinggal tidur sampai 10 tahun ke depan.

SlaveBerdasi’s Quote of the Day

Perlulah kita evaluasi, apakah reksadana pilihan kita tetap memiliki kinerja yang memuaskan.

Kan bisa aja ada faktor – faktor yang membuat kinerja reksadana tersebut turun, misalnya fund managernya ganti, perubahan strategi investasi, atau karena mengambil risiko yang terlalu besar.

Untuk mengevaluasinya secara mandiri kita bisa melihatnya melalui IPOTFUND Evaluator.

Dari situ sudah dibuatkan peringkat oleh IPOTFUND untuk mengevaluasi kinerja reksadana beserta scoringnya.

Kita tinggal atur periode investasinya dalam jangka waktu berapa lama pada bagian sebelah kanan.

Penulis merekomendasikan pilih yang panjang dua atau tiga tahun. Karena untuk merepresentasikan kinerja lebih fair dan objektif bila menggunakan jangka waktu yang lebih panjang.

Pada pemeringkatan ini IPOTFUND melihatnya tidak hanya terbatas pada return, namun juga pada fluktuasi dan pertumbuhan aset kelolaan reksadana tersebut. Jadi sudut pandangnya lebih komphrensif.

Jadi kita tinggal lihat saja reksadana pilihan kita saat ini ada di peringkat berapa, apa masih ok.

evaluasi investasi berkala dengan ipotfund evaluator
Ini tampilan IPOTFUND Evaluator untuk mengecek investasi berkala yang kita sudah buat

Manfaatkan IPOTFUND dalam Mencapai Goal Investasi

Dengan menggunakan IPOTFUND, kita bisa kotak katik mencari informasi investasi dengan sangat mudah. Penulis bisa mengatakan untuk kebutuhan mendasar dalam berinvestasi sudah tersedia pada aplikasi ini.

Mo cari berita, mo lihat kinerja, mo ngitung duit, mo liat chart. Ada semua!

Yang ga ada cuma atu..

Duitnya !! Cari sendiri kaka !!

Proses yang paling sulit jelas disiplin dalam menjalankan investasi berkala untuk mencapai financial Freedom itu sendiri. Namun setidaknya dengan IPOTFUND membantu memudahkan hidup kita.

Melakukan perencanaan, pelaksanaan, dan mengeveluasi menjadi jauh lebih mudah. Yuuk kita investasi mulai sekarang !!

*Disclaimer: Artikel ini disponsori oleh Indopremier Sekuritas. Pemikiran dan opini berasal dari penulis pribadi berdasarkan pengalaman yang telah penulis dapatkan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.