Kebebasan Finansial

Ini Cara Investasi Saham untuk Capai Kebebasan Finansial dengan Cepat

Pasti saat ini, kamu lagi tertarik banget dengan investasi saham ya? Kok tahu sih?

Ya, buktinya, kamu sampai di artikel ini. Atau, saat ini kamu masih belum paham mengenai saham? Perlu kamu ketahui, bahwa dengan melakukan investasi pada sektor saham, kamu bisa menuju kebebasan finansial lo!

Sebentar, apa itu kebebasan finansial? Dan mengapa penting untuk dituju?

Apa Itu Kebebasan Finansial?

5 Alasan Kuat untuk Pensiun Dini, Tapi Mengapa Orang Salah Mempersiapkannya

Secara singkat, kebebasan finansial, atau financial freedom, adalah kondisi saat kamu sudah bisa memenuhi semua kebutuhan hidup tanpa perlu bekerja setiap hari. Siapa saja bisa merasakan kebebasan finansial dengan caranya sendiri.

Namun, khusus di artikel ini, kita akan membahas cara untuk mencapai kebebasan ini melalui investasi saham.

Memangnya kenapa dengan investasi saham? Karena investasi di surat berharga satu ini berpotensi untuk memberimu pendapatan pasif.

Tahukah kamu, bahwa ternyata 90% karyawan di Indonesia belum siap untuk menghadapi masa pensiun atau masih sangat jauh untuk bisa menuju kebebasan finansial. Hal ini disebabkan karena mayoritas masyarakat Indonesia masih belum memiliki perencanaan keuangan yang matang.

Kebanyakan orang saat ini masih bergantung dengan tabungan bank untuk membiayai hidup di masa tuanya. Padahal, inflasi yang ada di Indonesia jauh lebih tinggi apabila dibandingkan dengan bunga yang dihasilkan oleh tabungan bank. Atau, malah lebih parah lagi, menggantungkan masa pensiun pada anak-anaknya! Alhasil, terciptalah sandwich generation—generasi yang selain harus membiayai dirinya sendiri, juga harus menanggung hidup keluarga besarnya.

Semoga kamu bukan salah satu dari mereka yang tak siap menghadapi masa pensiun mandiri ini.

Maka dari itu, saat ini kamu wajib mempersiapkan diri sedini mungkin. Salah satunya adalah mendapatkan penghasilan pasif melalui investasi saham.

Dengan melakukan investasi seawal mungkin, maka tujuan keuangan kamu di masa depan akan lebih cepat untuk tercapai. Termasuk kebebasan finansial.

Tapi, sebelum merencanakan investasi, penting banget untuk kamu melakukan beberapa hal pendukung dulu. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Beberapa Langkah Pendukung untuk Menuju Kebebasan Finansial

Jaminan Pensiun dan Jaminan Hari Tua: Apa yang Harus Kamu Ketahui?

Setidaknya ada 8 faktor pendukung yang perlu kamu ketahui dan jalankan untuk mencapai kebebasan finansial di masa depan.

1 Kenali Kondisi Keuangan

Sebelum melangkah lebih jauh, kamu perlu mengetahui dahulu tentang kondisi keuangan kamu saat ini. Mulai dari pemasukan, pengeluaran, utang, hingga seluruh sektor di mana uang kamu keluar dan masuk. Setelah sudah mengetahuinya, maka kamu bisa melihat apakah kondisi keuangan kamu sudah sehat atau ada bagian yang perlu kamu perbaiki.

2 Rencanakan Keuangan

Ketika semakin spesifik jumlah uang yang kamu perhitungkan untuk masa depan, maka semakin tahu juga kapan financial freedom itu bisa dicapai. Dan untuk membantu kamu dalam hal perencanaan keuangan, maka gunakanlah beberapa aplikasi pihak ketiga yang saat ini sudah banyak ditemukan untuk merencanakan keuangan kamu dengan lebih mudah.

3 Jika Ada Utang, Lunasi

Utang bisa jadi salah satu penghambat untuk mencapai tujuan kebebasan finansial. Apalah artinya bebas, kalau ternyata masih terikat pada utang?

So, selama ada utang yang masih belum dibayar lunas, maka kamu perlu memprioritaskan untuk melunasinya. Begitu kamu sudah melunasinya, percayalah, jalan untuk menuju bebas finansial menjadi lebih mudah.

4 Mulailah Investasi

Sama halnya dengan menabung, investasi ini bisa kamu gunakan untuk menyimpan uang kamu. Namun bedanya adalah investasi ini bisa memberikan return yang berkali-kali lipat dibandingkan dengan tabungan biasa yang bisa saja tergerus oleh biaya administrasi dan juga inflasi. Coba cek artikel perbedaan investasi dan menabung ini.

Pelajari dahulu tentang investasi yang sesuai dengan tujuan keuangan kamu agar tidak salah ketika memilih. Memang banyak instrumen yang bisa kamu manfaatkan, yang seharusnya disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan.

Nah, salah satu di antaranya adalah investasi saham.

Untuk bisa memanfaatkan saham secara optimal, kamu akan butuh belajar dulu. Jangan sampai kamu investasi tapi enggak tahu mesti gimana ya.

5 Siapkan Dana Darurat

Apa arti investasi kalau kamu tak siap jaring pengaman?

Dengan demikian, sebelum kamu investasi, pastikan dana daruratmu aman. Kamu pasti enggak mau kan, hasil investasi malah disabotase untuk kebutuhan mendesak di masa sekarang?

Dana darurat dapat menolong ketika ada pengeluaran mendadak, sehingga cash flow tidak kacau.

6 Sesuaikan Gaya Hidup

Adalah penting bagi kamu untuk selalu menjaga gaya hidup kamu.

Jangan terjebak oleh hal-hal kekinian yang sebenarnya kurang penting, hanya karena lagi hype atau trending. Maka dari itu, kamu perlu menyadari apa saja yang sangat kamu butuhkan untuk sehari-hari, dan membelinya karena memang butuh. Sesuaikan juga dengan kebutuhan finansial kamu saat ini.

Cara Investasi Saham untuk Bebas Finansial

Meraih Kebebasan Finansial dengan Investasi Saham

Saat ini ada banyak investasi yang bisa jadi opsi dengan keuntungan dan risiko yang berbeda. Namun, kamu harus selalu ingat, keuntungan yang tinggi memiliki risiko yang tinggi juga. Salah satunya adalah investasi saham.

Saham sendiri merupakan penyertaan modal seseorang atau suatu pihak dalam sebuah perusahaan yang memiliki klaim atau pendapatan dan juga aset perusahaan. Lalu, bagaimana tip mudah investasi saham jika instrumen ini hendak kamu manfaatkan sebagai pendapatan pasif untuk mencapai kebebasan finansial?

1 Pahami

Pemahaman dan perspektif kamu dalam investasi saham sangat memengaruhi strategi yang kamu butuhkan ketika mengambil keputusan.

Belajarlah berbagai strategi yang sekarang dapat dipelajari dengan lebih mudah. Dengan memahami cara kerja investasi saham, kamu pun dapat mempertimbangkan, menelaah, dan kemudian memutuskan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.

2 Tentukan tujuan

Investasi harus didahului dengan penentuan tujuan kamu berinvestasi itu sendiri.

So, kalau kamu pengin investasi saham, apa tujuanmu? Jika memang kebebasan finansial menjadi tujuanmu berinvestasi saham, maka kamu harus tahu jalannya menuju ke sana.

Karena, caramu berinvestasi saham akan ditentukan oleh tujuan. Jika kamu bertujuan investasi untuk jangka pendek, maka trading saham menjadi salah satu cara yang lebih tepat. Atau, kamu bisa menerapkan strategi growth investing. Tetapi, untuk hal ini, kamu harus belajar lebih banyak, lebih lama, dan akan melalui lebih banyak trial and error.

Jika kamu bertujuan investasi untuk jangka panjang, maka value investing akan lebih cocok untuk menjadi jalan ninjamu. Kalau sekarang usiamu masih 20 – 30-an tahun, dan kebebasan finansial menjadi tujuan kamu investasi saham, maka itu berarti investasi jangka panjang.

Tak ada yang salah dengan trading saham, maupun growth investing dan juga value investing. Bahkan, kamu bisa saja mengombinasikan semuanya. Yang penting, tujuanmu apa, dan kamu tahu cara untuk mencapainya.

3 When in doubt: Blue Chip

Saham blue chip merupakan istilah untuk menyebut saham dari emiten-emiten perusahaan yang sudah mapan, dengan kapitalisasi pasar yang besar.

Perusahaan-perusahaan ini biasanya memiliki produk yang sudah dikenal oleh banyak orang, dan menjadi top of mind pasarnya.

Karena cukup mapan, maka keuangan mereka pun cenderung lebih stabil, yang artinya pertumbuhan bisnis juga dapat diharapkan menjadi lebih besar dan berkelanjutan.

Saham milik perusahaan-perusahaan ini biasanya harganya cukup mahal, tetapi pergerakannya lebih “manusiawi” ketimbang saham-saham second tier ataupun yang kapitalisasi pasarnya kecil. So, jika kamu masih pemula, dan masih belajar investasi saham, saran terbaik adalah ambillah saham blue chip ini lebih dulu.

4 Dollar Cost Averaging

Ada strategi investasi saham yang disebut Dollar Cost Averaging. Strategi ini memungkinkan investor untuk “mencicil” membeli saham (terutama saham yang harganya tinggi seperti saham blue chip) secara bertahap dengan nominal tertentu yang tetap secara periodik, bisa jadi per bulan, per 2 bulan, atau bisa juga per minggu. Disesuaikan dengan kemampuan.

Dengan strategi ini, kamu—para investor pemula yang hanya punya modal tipis, tetapi mampu berkomitmen untuk investasi saham secara teratur—punya kesempatan untuk beli saham dengan cara mencicil.

So, sekali lagi, belajarlah analisis saham, terutama analisis fundamental, jika kamu ingin menggunakan Dollar Cost Averaging ini untuk investasi saham demi mencapai kebebasan finansial lebih cepat.

5 Diversifikasi Investasi

Secara singkat, diversifikasi investasi ini berarti hindari untuk menempatkan seluruh uang kamu di pada satu instrumen investasi saja. Apalagi yang berisiko tinggi seperti saham. Apabila terjadi krisis di pasar modal, maka kamu masih bisa bertahan dengan cadangan di instrumen lain yang lebih low risk.

Nah, kapan-kapan, kita akan membahas tentang teknik diversifikasi yang benar ya. Supaya lebih detail aja.

Kesimpulan

investasi saham 1

Begitulah caranya jika kamu pengin mencapai kebebasan finansial dengan memanfaatkan investasi saham. Nggak gampang ya? Ya, memang. Faktanya, memang enggak ada hal yang mudah, cepat, dan bisa kasih hasil besar dalam waktu singkat. Seperti kata banyak orang, bahkan masak mi instan saja juga butuh waktu setidaknya 5 menit.

Yang penting, konsistensi. Hanya itu saja kuncinya, agar kamu bisa mewujudkan mimpimu untuk bebas finansial secepatnya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.