Alternatif Freedom of Mind

Membeli Kebebasan Kita 

Sejak kecil kita diajarkan:

“Rajinlah menabung supaya nanti bisa menjadi orang kaya”.

Setelah dewasa pun kita menemui agen asuransi atau financial planner yang mengajarkan hal serupa.   menyisihkan 15-25% dari penghasilan untuk berinvestasi. Lalu kita dibuai dengan rajin menabung kelak kita bisa punya rumah mewah,  mobil sport, dan lainnya.

Yang menjadi pertanyaan, apakah benar dengan melakukan semua itu dapat membuat kita kaya raya?

Let’s face the truth guys,  yuk coba kita hitung berdasarkan realitanya. Bener ga sih jadi kaya dengan menabung dan bahkan mendapatkan kebebasan finansial yang kita inginkan?

Anggap kita ga mujur-mujut amat.  Dari pekerjaan sebagai karyawan kita baru mulai bisa menabung di usia 25 tahun. Dengan menyisihkan 2 juta setiap bulannya untuk diinvestasikan, pada tahun 2011 kita membeli reksadana secara berkala (Kenapa ga rumah? belom mampu bro!!)

Berapakah nilai investasi kita sekarang?

Dengan menyisihkan 2 juta setiap bulan selama 5 tahun maka nilai pokoknya terkumpul 120 juta.

Ditambah keuntungan investasi dari 2011 ke 2016 memberikan keuntungan rata –  rata 6,5% setiap tahunnya maka nilai investasi menjadi 142 juta.

Dengan uang 142 juta sudah sekaya apa kita?

* Rumah di Menteng?*  iya beli luas 3 meter doank buat pos satpam

*Apartemen di pusat kota?* tambah 5 tahun lagi investasinya, bisa  buat bayar DP =p

Ujung-ujungnya kita hanya bisa  membeli apartemen subsidi ukuran studio dipinggir kota + parkirannya yang hardcore yang udah kayak puzzle kalau mau keluarin mobil.

Jadi kaya?? Jadi pelit iya, karena kerjanya ngirit melulu.

Membeli Kebebasan dalam Hidup Itu…

Well maksud dari kami menulis di sini bukan untuk mematahkan mimpi teman-teman. We share the same dream, entah kalian yang masih mahasiswa, atau supir taksi,  atau orang gajian. Kita semua bermimpi memiliki kemandirian finansial suatu hari.

Kasarnya sekarang ini kita seperti budak di jaman modern, bila  kita ingin membeli kebebasan kita maka ada harga yang harus dibayar.  

Dan harga dari kita masing-masing tentu berbeda. 

Nah melalui blog ini kami ingin membantu teman-teman mengubah mimpi siang bolong menjadi mimpi malam hari.

Dan selanjutnya dengan kerja keras, kecerdikan, serta sedikit keberuntungan,  kita coba menjadikan mimpi membeli kebebasan itu menjadi nyata.

Untuk saat ini melalui tulisan kami ingin saling berbagi pengetahuan investasi dan realita yang ada saat ini,  antara yang pahit dan lebih pahit,  antara yang masuk akal atau masuk jurang. 

Ga ngerti investasi?  Ga masalah! Kamu bisa baca Kamus Investasi ini sebagai awal.
Ga ngerti bedanya danareksa sama reksadana apa? Ga masalah!

Baca juga: Artikel tentang Reksadana

Di tulisannya selanjutnya kita akan jelaskan dasar-dasarnya supaya teman teman semua ngerti.

i hope you like it guys, enjoy…

***

*Tentang penulis : Yuvenz pertama kali bekerja didunia investasi di 2008. Saat ini bekerja sebagai portfolio manager pada perusahaan finansial di jakarta dengan pengelolaan pada kelas aset ekuitas dan pendapatan tetap.
**Apabila ada pertanyaan atau mau update terbaru dari slaveberdasi dapat contact langsung di twitter @slaveberdasi , facebook slaveberdasi ,dan email di slaveberdasi@gmail.com

One Response

  1. Hans September 28, 2016
  2. Pingback: Rental Mobil di Jogja Murah 2018 September 18, 2018

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.