Alternatif

Rule 72: Aturan Melipatgandakan Hasil Investasi yang Perlu Kamu Tahu

Apakah saat ini kamu sedang melakukan investasi? Atau masih belajar dan ingin terjun langsung untuk mendapat hasil investasi yang tinggi?

Saat pandemi COVID-19 ini datang pada awal Maret 2020 silam, roda ekonomi memang seakan-akan terjun secara drastis. Beberapa perusahaan juga memutuskan untuk gulung tikar karena terkena imbas dari panjangnya masa pandemi ini.

Buntut dari banyaknya usaha yang gulung tikar, tentu saja para karyawan yang bekerja di dalamnya ikut terkena dampak langsung yaitu diberhentikan atau terkena PHK. Tidak semua pemilik usaha ingin melakukan PHK terhadap karyawannya, namun keadaanlah yang memaksa hal tersebut untuk dilakukan. Yah, tak ada yang lain yang bisa kita lakukan selain bertahan hidup di masa yang sulit seperti saat ini.

Salah satu cara bertahan hidup jika penghasilan aktif kita sedang mengalami kesulitan adalah dengan membantun penghasilan pasif. Di antaranya dengan investasi.

Bisa dibilang, investasi memang lagi ngehype; jadi tren yang saat ini sedang menjamur di kalangan masyarakat Indonesia. Kehadirannya tentu saja membawa secercah harapan untuk banyak orang. Dengan investasi, kamu bisa mengembangkan aset, dan mengharapkan hasil di masa depan.

Tapi, seberapa lama kamu bisa mengharapkan, hasil investasi kamu sudah berlipat ganda?

Apa Itu Rule 72 dalam Investasi?

Menghitung Rasio Financial Independence: Sudah Mandirikah Kamu?

Aturan 72 atau rule 72 adalah rumus cepat yang pupuler dan juga sangat berguna yang digunakan untuk memperkirakan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menggandakan uang yang diinvestasikan. Intinya, aturan 72 ini menghitung waktu yang dibutuhkan agar uang deposit kamu saat berinvestasi bernilai dua kali lipat.

Nah, apakah sampai di sini kamu sudah mulai mengerti dan memahami tentang aturan 72 ini? Jika masih bingung, mungkin dengan cara praktik dan menghitung akan menyegarkan ingatan. Ok, mari kita ambil contoh perhitungan hasil investasi dengan menggunakan aturan 72 ini.

Sebagai contoh, ada sebuah bank yang menawarkan deposit kepada kamu. Deposit tersebut memiliki bunga sebesar 4% untuk per tahunnya. Lalu, kamu penasaran dalam jangka waktu berapa tahunkah uang deposit kamu menjadi dua kali lipat?

Dengan menggunakan rumus 72 ini, maka kamu bisa mengetahui kapan hasil investasi kamu sudah menjadi dua kali lipatnya.

Untuk cara menghitung hasil investasi ini sebenarnya cukup mudah, kamu hanya perlu membagi angka 72 dengan jumlah bunga yang ada. Dengan mengambil contoh di atas yaitu memiliki bunga sebesar 4%, maka kamu dapat menghitung kapan uang yang kamu depositkan menjadi dua kali lipat hanya dengan 72 dibagi 4. Hasil pembagian tersebut adalah 18. Maka 18 tahun adalah waktu yang kamu butuhkan untu mendapatkan keuntungan dua kali lipat dari hasil deposit yang kamu masukkan.

Apakah sampai di sini kamu sudah mulai mengerti terkait perhitungan aturan 72 ini? Jika masih belum, kita lanjut yuk menghitungnya. Saat ini kita akan menghitung dalam satuan uang agar lebih masuk ke dalam ingatan. Sebagai contoh, kamu melakukan deposit ke salah satu bank ternama di Indonesia sebesar Rp 10 juta dengan suku bunga dalam satu tahun sebesar 4%. Maka dengan perhitungan rule 72, uang kamu akan menjadi Rp 20 juta pada 18 tahun kemudian.

Hasil perhitungan 72 dalam investasi ini memiliki sifat pendekatan hasil investasi menjadi dua kali lipat. Rumus rule 72 dalam investasi ini sangat cocok untuk kamu gunakan dalam perhitungan kasar atau ketika kamu hanya membawa kalkulator sederhana saja. Perhitungan secara lebih detil dapat kamu lakukan dengan beberapa perhitungan lainnya. Berikut metode perhitungan lain dalam investasi yang bisa kamu lakukan.

Metode Perhitungan Lain dalam Investasi

Rule 72: Aturan Melipatgandakan Hasil Investasi yang Perlu Kamu Tahu

Setelah sebelumnya kita hanya berkutat dengan rumus mudah yang dikerjakan oleh kalkulator saja sudah bisa dihitung. Kini, kita akan membahas beberapa metode dengan menggunakan rumus perhitungan yang cukup rumit. Berikut di bawah ini adalah rumus yang perlu kamu ketahui.

T = In(2) / In(1 + r)

Keterangan :

  • T = waktu yang dibutuhkan untuk menjadikan hasil investasi dua kali lipas
  • r = Imbal hasil
  • In = Natural log function

Ketika melihat rumus tersebut, tentu saja terlihat sangat rumit dan susah apabila dihitung dengan menggunakan kalkulator sederhana. Maka dari itu, untuk melakukan perhitungan rumus ini kamu bisa melakukannya dengan menggunakan kalkulator khusus scientific atau menggunakan aplikasi spreadsheet seperti Microsoft Excel.

Contoh 1 :

Berikut penyelesaian sebuah kasus dengan meggunakan rumus di atas, untuk contoh kita gunakan sama dengan yang sebelumnya. Yaitu berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk bisa melipatgandakan hasil investasi menjadi dua kali lipat apabila bunga deposito bank nya sebesar 4% untuk satu tahun?

Jawab : T = In(2) / In(1 + 4%)

Maka apabila dihitung akan menghasilkan nilai 17,7 tahun atau kurang lebih sekitar 17 tahun 8 bulan. Hal ini bisa ditarik kesimpulan bahwa uang kamu yang ada di deposito bank dengan bunga 4% akan menjadi dua kali lipat selama 17 tahun 8 bulan.

Berdasarkan kedua perhitungan di atas, ada terdapat perbedaan yang cukup kompleks dengan metode perhitungan aturan 72 dan perhitungan T. Berikut perbedaannya :

  • Hasil Perhitungan rule 72 dalam investasi menunjukkan waktu yang dibutuhkan untuk menggandakan hasil investasi dengan suku bunga 4% adalah 18 tahun.
  • Sedangkan perhitungan T yang cukup kompleks menghasilkan 17 tahun 8 bulan untuk kamu bisa melipatgandakan uang deposito bank kamu.

Rumus yang Dikembangkan Dalam Banyak Kasus

hasil investasi 1

Rumus di atas sebenarnya masih bisa dikembangkan lagi ke dalam banyak kasus perhitungan hasil investasi. Contoh pengembangan rumus yang mungkin bisa kamu gunakan adalah sebagai berikut:

T = in(x) / In(1 + r)

Keterangan :

  • x = Kenaikan Investasi
  • T = waktu yang dibutuhkan untuk menjadikan hasil investasi dua kali lipas
  • r = Imbal hasil
  • In = Natural log function

Contoh 2 :

Berapa waktu yang dibutuhkan jika kamu ingin uang deposito bank menjadi satu setengah kali lipat dengan suku bunga sebesar 4% untuk satu tahunnya?

Jawab : T = In(1.5) / In(1 + 4%)

Hasil perhitungan : Berdasarkan rumus di atas, maka hasil perhitungan bisa di dapat dengan hasil 10,3 tahun atau sekitar 10 tahun 4 bulan. Hal ini menunjukkan bahwa uang kamu akan satu setengah kali lipat selama 10 tahun 4 bulan apabila bunga bank sebesar 4% per tahun.

Contoh 3 :

Berapa waktu yang dibutuhkan jika kamu ingin hasil investasi kamu menjadi tiga kali lipat dengan suku bunga sebesar 4% untuk satu tahunnya?

Jawab : T = In(3) / In(1 + 4%)

Hasil perhitungan : hasil perhitungan menunjukkan 28.0 tahun. Hal ini berarti uang kamu akan menjadi tiga kali lipat dalam jangka waktu 28 tahun dengan suku bunga bank sebesar 4% per tahun.

Kesimpulan

investor konservatif anti rugi

Nah, setelah mengetahui beberapa cara untuk menghitung hasil investasi di atas. Maka bisa ditarik kesimpulan bahwa terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghitung waktu yang dibutuhkan agar melipatgandakan hasil investasi kamu.

Cara yang pertama adalah dengan cara sederhana dan banyak digunakan yaitu dengan aturan 72 atau rule 72 dalam investasi. Dan cara kedua adalah dengan cara yang cukup kompleks yaitu dengan menggunakan rumus T.

Gimana? Mau mulai menghitung hasil investasi kamu sekarang? Good luck!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.