Analisa Saham

Analisa Saham POWR

Seperti biasa, penulis gemar mengubek–ubek mencari saham dengan valuasi murah dan mencoba memahami apakah saham tersebut miss-prices. Atau memang sudah sewajarnya dihargai murah.

Nah, dari hasil sorting penulis menemukan saham POWR. Valuasi perusahaan ini murah padahal merupakan perusahaan infrastruktur yang umumnya memiliki harga premium. 

Aah yang boneng niih perusahaan produsen listrik harganya cuma single P/E??

analisa saham powr

Perbandingan P/E Saham POWR, TBIG dan TOWR

Liat aja tuuh saham TBIG, saham TOWR, uda pada 20x keatas semua

Boleh laah nih saham kita cari tahu lebih dalam gimana outlooknya di analisa saham POWR berikut ya.

Valuasi Saham Murah

Sejauh ini dari high conviction nya penulis dengan strategi value investing yang sudah berbuah adalah saham PTBA dan saham JSMR. Sementara saham JRPT dan saham NRCA cenderung flat. Namun dengan melihat marketing sales 2 perusahaan terakhir yang menunjukkan progress penulis siih semakin pede yaa 😉

Kenapa penulis menyentil ini, karena banyak yang nanyain wkwkwkwkwk. Selalu ingat, ketika melakukan value investing, kita tidak pernah tahu saham ini akan terkoreksi sampai mana, namun kita tahu pada waktunya saham ini akan terbang tinggi.

Ingat saja Warren Buffet, kalau saham kesukaan yang dimiliki dia harganya jatuh, kira-kira dia beli apa jual? Tentu tahu kan jawabannya…

Naah balik lagi ke saham POWR. Penulis sebenarnya sudah mengetahui perusahaan ini dari awal tahun bersama saham PRDA. Penulis sempat beli di harga 800an, dan menjualnya di harga 950an.

Karena penulis tidak mempunyai pegangan, pemahaman mendalam terhadap perusahaan, ataupun flow siapa yang lagi megang niih saham, penulis melepasnya ketika sudah membukukan sedikit keuntungan. Sedang ada conviction juga di saham lain soalnya.

Yang penulis ingat dari hasil ubek-ubek di awal tahun itu, nih perusahaan lumayan safe terhadap faktor perubahan harga. 

Jadi apakah cash cost-nya naik turun atau harga listriknya naik turun, pemasukan saham powr nya ya flat aja. Karena penjualan berdasarkan cost + margin, seperti layaknya penjualan listrik dimulut tambang yang sering kita dengar (CMIIW).

Di satu sisi penjualan cost + margin menghilangkan oportuniti diuntungkan bila cash costnya sedang turun (coal). Namun dengan model seperti ini menjanjikan kestabilan pendapatan, kalem gan larinya 😉

Mengenal alias Analisa Saham POWR

Sedikit mengulas bisnis dari saham POWR. Nama perusahaan ini adalah Cikarang Listrindo, perusahaan power plant dengan kapasitas 1100 MW, gedee gan!!

Penjualan listrik dari saham POWR sekitar 25% di antaranya dijual ke PLN, dan sisanya dijual untuk perusahaan–perusahaan di daerah tersebut. Di mana saat ini customer telah mencapai lebih dari 2000. Untuk info lebih detail perusahaan dapat diketahui diwebsite ini.

Sebagai perusahaan yang memiliki model bisnis capital intensive (bikin power plant mahal kaka =P),  saham POWR ini sangat royal dalam membagikan dividen.

Terakhir tahun ini membagikan dividen dari laba 2018 sebesar 66 per lembarnya atau 92% dari laba perusahaan!!!

Padahal kalau mau, gampang aja mereka tahan tu duit, bilang mo pengembangan ini kek itu kek, namanya juga perusahaan power plant, orang juga ngangguk2 walau ga paham 😝

Namun nyatanya tidak.

Perusahaan ini konsisten mengkontribusikan lebih dari 60% labanya sebagai dividen, dan meningkat pesat pada tahun ini.

Saham POWR ini isinya merupakan perusahaan besar. Pendapatan bersih tahunannya sudah di atas 1 triliun. Jangan tertipu dengan harga dan tidak likuidnya saham ini di pasar.

Ditambah dengan bukti perusahaan ini menggunakan auditor besar, penulis menjadi semakin pede kalau perusahaan ini memiliki Good Corporate Governance yang bagus.

Ingat seperti yang penulis bahas di value investing, bila kita hendak berinvestasi untuk jangka panjang, maka GCG adalah faktor mutlak!

analisa saham powr

Dengan dividen yang diberikan sebesar 66 per lembar dan harga saham saat ini 865. Maka perusahaan ini memberikan yield 7,6%, Menarik!!

Dari materi public Expose penulis ketahui juga utilisasi dari saham POWR ini berada di level 67%.

Angka ini turun dari tahun 2017 sebesar 77% karena selesai dibangunnya power plant baru sebesar 2×140 mw.

Dengan utilisasi saat ini yang masih rendah membuat perusahaan ini semakin menarik menurut penulis. Perusahaan tidak memerlukan investasi besar dalam beberapa waktu kedepan, fokus dengan meningkatkan utilisasi dapat meningkatkan margin dan laba perusahaan ke depannya.

Kenapa Saham POWR Menarik?

“Aah pertumbuhan labanya flat, wajar valuasinya muraah !!“

Kalau ada yang nyinyir begitu, coba tengok lagi saham TBIG dan saham TOWR.

Kita lihat pertumbuhan sales dan laba bersihnya dalam 2 tahun terakhir supaya apple to apple.

analisa saham powr

Pertumbuhan penjualan saham powr & peers

Fakta menunjukkan pertumbuhan penjualan tidak jauh berbeda, berada di level belasan persen dalam 2 tahun terakhir.

Malah pertumbuhan laba bersih dari saham POWR lebih baik dari 2 perusahaan tersebut yang menunjukkan hasil investasi lebih efektif.

Entah mungkin ketika awal–awal perusahaan ini Go Public ekspektasi terlalu besar dan membuat saham ini dipunish, dalam hal ini penulis tidak tahu.

Namun dengan harga saat ini di bawah 900, perusahaan ini memberikan dividen yield sebesar 7%. Di mana angka ini layak dijadikan buffer dan menarik di mata penulis sebagai value investor.

Dengan asumsi pertumbuhan laba 5% setiap tahun saja ditambah dividen 7% maka perusahaan ini menawarkan keuntungan setidaknya 12% setiap tahunnya sambil merem 🙈

Bagaimana bila perusahaan ini mulai dilirik kembali dengan mulai hangatnya story lahan industri saat ini??

Well, wajar banget bila ada re-rating, tooh saat ini P/E nya hanya setengah dari saham yang penulis sebutkan di atas.

Yang penulis inget waktu jaman masih makan bangku sekolahan siih, perusahaan yang memiliki cash flow stabil, perusahaan infrastruktur umumnya memiliki valuasi premium.

Naah kalau lihat valuasi perusahaan dengan industri yang sama, hitung aja kira-kira bisa berapa tuh upsidenya 😉

____________________________________________________________________________________________
*Tentang penulis : Yuvenz Saat ini bekerja diperusahaan pengelolaan dana sebagai kepala divisi investasi dengan alokasi pada kelas aset ekuitas, pendapatan tetap, dan pasar uang 
**Apabila ada pertanyaan atau mau update terbaru dari slaveberdasi dapat contact langsung di IG @slaveberdasi, twitter @slaveberdasi , facebook slaveberdasi ,dan email di slaveberdasi@gmail.com

 

5 Comments

  1. shanti putri July 9, 2019
  2. Cris July 27, 2019
  3. Cris July 27, 2019
    • kamidaruma July 28, 2019