Kebebasan Finansial

7 Tahap Bebas Finansial – Kamu Sudah Sampai Mana?

Apakah kamu sudah bebas finansial?

Pastinya pertanyaan ini sering muncul bukan? Bebas finansial memang menjadi impian semua orang.

Bebas finansial diartikan sebagai kondisi seseorang yang telah mempunyai cukup simpanan untuk memenuhi kebutuhan dirinya sendiri beserta keluarga, di mana biaya hidupnya bisa ditanggung dari passive income.

Seperti contoh kamu sudah mempunyai aset investasi dengan return yang didapat sudah bisa memenuhi kebutuhan pribadimu sehingga kamu tidak perlu bekerja keras untuk menutupi semua biayanya.

Dengan memiliki kebebasan finansial, pastinya kamu sudah terjamin tak akan mengalami masalah keuangan yang biasanya menghantui setiap orang.

Namun, untuk mencapai bebas finansial, sudah pasti bukan jalan yang pendek dan mudah. Faktanya, kamu harus menapaki dulu berbagai step atau tahapan, untuk kemudian meraih kebebasan finansial yang kamu impikan.

Sudah tahu belum, bahwa ada 7 tahap atau stage untuk kemudian berhasil bebas finansial?

7 Tahap Bebas Finansial

7 Tahap Bebas Finansial – Kamu Sudah Sampai Mana?

Tahap 0: Dependence

Dalam tahap dependence ini, untuk memenuhi kebutuhan finasialmu, kamu masih sangat tergantung pada orang lain. Wajar kok, jika kamu masih di tahap ini. Orang kaya sekalipun pasti melewati tahap ini terlebih dahulu.

Tahapan dependence ini terjadi di saat kamu masih muda, ketika kamu masih belum memiliki kapasitas dan kemampuan yang cukup dalam menghasilkan pendapatan pribadi.

Jika kamu saat ini pengeluaranmu masih lebih besar dari pendapatanmu, lalu kamu masih pinjam dana dari bank untuk berbagai kebutuhan hidup, bahkan masih pinjam uang teman buat sekadar nongkrong atau beli kopi, masih minta duit ke orang tua (iya, meskipun sudah punya pekerjaan, masih banyak yang dapat uang saku dari ortu), itu artinya kamu masih di tahap awal ini.

So, having a job and already earning, does not mean that you are financially independent, right?

Tahap 1: Solvency

Pada tahap ini kamu sudah mempunyai komitmen keuangan. Kamu sudah tidak bergantung pada orang lain untuk memenuhi kebutuhan finansial hidupmu.

Di tahap ini kamu sudah mempunyai penghasilan yang seimbang dengan pengeluaranmu.

Namun, kamu juga masih mempunyai kewajiban utang yang harus kamu bayar dan hal ini bisa saja membuat masalah finansial, kalau kamu nggak mengelolanya dengan baik.

Untuk bisa melewati tahap ini, dan kemudian “naik kelas”, cobalah untuk mencari berbagai peluang penghasilan tambahan, dan mengurangi kebutuhan yang tidak perlu.

Financial Freedom vs Financial Independence: Sama Atau Beda?

Tahap 2: Stability

Setelah kamu melewati tahap solvency, untuk tahap selanjutnya yang harus kamu lalui untuk mencapai bebas finansial adalah tahap stability. Tahap ini adalah tahap ketika keadaan finansialmu lebih stabil.

Di tahap ini, kamu sudah bisa mengelola keuangan dengan mendapatkan pemasukan lebih besar daripada pengeluaran. Kamu juga sudah mampu membayar utang hingga lunas, mengurangi pengeluaran, dan dapat menyisihkan uang untuk investasi dan tabungan.

Di tahap ini, kamu juga sudah memiliki dana darurat yang memadai. Kamu juga sudah tahu, bahwa dana darurat ini sangat penting saat ada sesuatu terjadi mendadak dan sifatnya mendesak. Dana ini bisa dipakai untuk meng-cover, sehingga tidak akan membebani finansialmu.

Biasanya nih, di tahap bebas finansial stability ini kamu sudah tidak mempunyai utang konsumtif. Yang ada tinggalLah utang produktif seperti KPR dan pinjaman pendidikan.

Kamu sudah tahu pentingnya berinvestasi dan menabung; bahwa menabung saja tidak cukup untuk menghadapi inflasi di masa depan, maka dari itulah kamu mulai berinvestasi.

Instrumen investasi yang bisa kamu pilih pada tahapan ini sudah sangat beragam, seperti saham, reksa dana, obligasi, emas, dan lain sebagainya, dan sesuaikan dengan horizon waktu dan risiko yang dapat kamu tanggung.

Tahap 3: Agency / Debt Freedom

Di tahap ini, kamu sudah setengah jalan menuju bebas finansial. Semua utangmu sudah terbayarkan, dan kamu juga mempunyai cukup dana cadangan.

Buatmu, uang bukan alat untuk bertahan hidup namun uang akan membuat dirimu bisa menjadi lebih berkembang. Bisa jadi, di tahap ini kamu bisa hidup sesuai dengan yang kamu inginkan.

Kamu tak perlu khawatir jika kamu ingin rehat sebentar dalam bekerja, jika kamu ingin liburan satu sampai dua bulan, karena kamu memiliki dana lebih untuk menghidupi kebutuhanmu dalam waktu tersebut.

mendapatkan kebebasan finansial dalam hidup

Tahap 4: Security

Untuk mencapai bebas finansial, kamu pasti melalui tahap ini juga, yaitu tahap security. Di tahap inilah, kamu bisa membuat budgeting investasi dan melakukannya secara konsisten. Kamu sudah punya investasi untuk jangka pendek, jangka menengah, hingga jangka panjang.

Kamu sudah merasa aman, karena dari hasil investasi tersebut, kamu sudah bisa memenuhi semua kebutuhanmu. Mulai dari sewa rumah, biaya kebutuhan pokok, biaya pengeluaran tetap setiap bulan, dan kebutuhan lain yang bersifat esensial.

Namun, untuk pensiun dini kamu harus memikirnya matang-matang terlebih dahulu, ya. Kamu masih memerlukan pendapatan dari pekerjaanmu. Walaupun kamu sudah bisa memenuhi kebutuhan pokok dasarmu, tetapi kamu belum bisa memenuhi kebutuhan yang kamu inginkan.

Tahap 5: Independence

Di tahap ini kamu sudah semakin dekat dengan tujuan utamamu: bebas finansial. Dari hasil investasi yang kamu miliki, kamu bisa memenuhi gaya hidup yang kamu inginkan.

Dalam artian, dari return investasi kamu tidak hanya bisa membiayai kebutuhan dasar, namun juga bisa memenuhi kebutuhan yang kamu inginkan seperti life style.

Untuk kamu pensiun dini dalam tahap ini sepertinya tidak menjadi masalah. Di tahap ini uanglah yang bekerja untukmu, bukan lagi kamu yang bekerja untuk uang.

Bebas Finansial Itu yang Kayak Apa Sih?

Tahap 6: Abundance

Pada tahap terakhir ini, kamu sudah mempunyai passive income yang banyak untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari termasuk gaya hidup, bahkan hasil dari passive income tersebut masih memiliki sisa untuk keperluan lainnya.

Di tahap ini, penghasilan pasif yang kamu miliki memberikan kebebasan finansial untuk kamu melakukan apa pun.

Hidup mewah? Bisa. Bisnis sambil keliling dunia? Bisa juga. Liburan? Bisa banget.

Nah, gimana nih setelah melihat tahap-tahap bebas finansial di atas? Apakah cukup membuatmu tambah semangat untuk mencapainya? Jangan pernah putus asa ya!

Proses mencapai bebas finansial memang nggak mudah dan kamu harus banyak berusaha. Kamu harus bisa mengelola keuanganmnu agar sesuai dengan tujuan keuanganmu dan hasilnya kamu bisa mencapai kebebasan finansial yang nyata.

Konsistenlah dalam melakukannya dan pahami juga risiko yang kamu hadapi jika mengambil suatu keputusan.

Semangat dan semoga bermanfaat!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.