Kebebasan Finansial

Bebas Finansial Itu yang Kayak Apa Sih?

Kalau kalian mendengar istilah bebas finansial, apa yang melintas di pikiran kalian?

Pernah kan, lihat orang kaya yang ketika bekerja nyaris enggak kenal waktu? Mau proyek apa pun disikat, sampai begadang pun dilakukan, meskipun isi rekeningnya sudah sanggup ditukarkan dengan mobil Bugatti La Voiture Noire. Kamu tahu kan mobil Bugatti La Voiture Noire harganya berapa?

Menjadi kaya raya itu sangatlah sulit, kamu harus terus bekerja demi memperoleh uang untuk menambah aset kekayaanmu. Namun, yang sebenarnya, yang paling penting itu adalah bebas finansial.

Beda ya? Kaya sama bebas finansial?

Beda, bruh.

Menjadi bebas secara finansial merupakan hal yang diinginkan oleh banyak orang, terutama buat mereka yang sudah paham betul mengenai literasi keuangan.

Kebebasan finansial dapat diartikan sebagai kemampuan seseorang hidup dengan cara yang pantas, cukup, dan bebas utang. Nah. Jadi kaya itu belum tentu bebas finansial loh. Siapa tahu, di balik kekayaan harta, dia juga kaya utang. Bisa jadi banget kan?

Yes, memang banyak orang yang belum paham mengenai hal ini.
Menurut seorang ahli keuangan dari National Planning Corp bernama Robert B. Newman tuh begini:

“Pengertian bebas finansial merupakan sebuah keadaan di mana uang yang bekerja untukmu, bukan kamu yang bekerja untuk uang.”

Bingung? Jangan.

Biar enggak bingung, yuk kenali 10 tanda kamu bisa dikatakan mencapai bebas finansial.

bebas finansial 1

Hidup Tanpa Mengandalkan Gaji Pokok dari Kantor dan Memiliki Passive Income

Jika kamu masih mengandalkan gaji pokok bulananmu dari kantor dan enggak punya passive income, itu tandanya kamu belum bebas finansial.
Sudah tahu kan, apa itu passive income? Penghasilan pasif yang kamu dapat dari investasi. Pemasukan pasif ini bisa kamu dapatkan dari beberapa investasi, misalnya properti, reksa dana, obligasi, atau saham. Nah, jika return dari beberapa instrumen investasi ini sudah membantu kamu mendapatkan penghasilan tambahan, maka kamu akan lebih dekat dengan bebas secara finansial.

Misalnya nih, pengeluaranmu per bulan mencapai Rp9 juta. Nah, untuk pendapatan pasifmu, katakanlah, sudah mencapai Rp10 juta sebulan, atau lebih. Sementara kamu juga masih mendapatkan gaji pokok di kantor selama satu bulan juga sejumlah Rp10 juta. Inilah satu pertanda kamu telah mencapai bebas finansial.

Bebas dari Utang Konsumtif

Utang itu nggak dilarang, asal tujuannya jelas dan penggunaannya sesuai dengan kebutuhan. Perlu kamu ingat, utang bukan seharusnya diambil untuk tujuan konsumtif.

Jika kamu mampu membayar segala pengeluaranmu secara cash, maka bisa dikatakan kamu sudah mulai bebas secara finansial.

Memiliki Dana Darurat yang Memadai

Kamu bisa dikatakan bebas secara finansial jika kamu memiliki dana darurat dengan jumlah yang memadai, bahkan mungkin berlebih, yang akan berfungsi sebagai dana cadangan untuk memenuhi kebutuhan yang sifatnya mendadak dan sewaktu-waktu.

Jika kamu memiliki dana darurat, kamu pun bisa merasa aman menjalani hari-harimu. Enggak shock kalau misalnya perlu mengeluarkan uang (yang banyak) untuk suatu keperluan mendesak.

Nyoh, nyoh aja gitu!

Ingat ya, dana darurat dan tabungan merupakan hal berbeda. Buatlah financial plan dengan anggaran dana darurat dan tabungan yang dipisah, agar nantinya kamu terhindar dari masalah keuangan. Kamu bisa membuat dua rekening berbeda untuk dana darurat dan tabungan ini.

mendapatkan kebebasan finansial dalam hidup

Bisa Pensiun Kapan Pun Kamu Mau

Tiba-tiba ada yang mengajukan pertanyaan seperti ini, “Bulan depan pensiun yuk, kerjanya udahan aja, kamu mau gak?” Apa jawabanmu?
Kalau kamu langsung berpikir “Ini orang enggak waras pasti!” itu mungkin karena kamu belum bebas finansial.

Di saat passive income-mu lebih besar dari pengeluaran, tandanya kamu sudah mempunyai bekal yang cukup untuk pensiun. Diajakin pensiun bulan depan, ya ayo aja!

Punya Banyak Waktu Luang untuk Keluarga dan Berkarya

Tanda selanjutnya jika kamu bebas finansial adalah mempunyai banyak waktu luang. Karena kamu sudah pensiun dini, maka kamu punya banyak waktu luang dan mempunyai waktu bersama keluarga.

Kamu enggak perlu lagi bad mood di hari Senin pagi yang tiba-tiba meeting. Kamu juga nggak perlu matiin HP di weekend demi menghindari pesan singkat si bos yang tiba-tiba minta ini itu.

Kesanggupan untuk Memenuhi Kebutuhan Jangka Pendek, Menengah, dan Panjang

Jika kamu dapat mencukupi kebutuhan pokokmu selama beberapa bulan ke depan, walaupun kamu enggak kerja, itu tandanya kamu sudah mulai bebas secara finansial.

Enggak hanya itu saja, kamu juga enggak perlu pusing tentang kebutuhan jangka menengah dan jangka panjang.

Semua itu dapat kamu capai jika kamu mempunyai passive income yang besar. So, perbanyak riset lagi ya tentang bagaimana cara mendapat pendapatan pasif tersebut.

Bebas Finansial Itu yang Kayak Apa Sih?
Ya, kalau kamu udah pake Bugatti sih, mestinya udah nggak ngerasain stres mikirin duit.

Enggak Stres Memikirkan Uang

Apakah kamu sekarang masih suka ngecek tanggal gajian masih berapa lama lagi? Masih suka ngintip isi dompet dan ATM, padahal sebenarnya sudah tahu betul betapa kosongnya saldomu?

Stres karena masih beberapa hari lagi menjelang gajian, dan mi instan juga sudah menipis begini nggak akan kamu alami jika kamu sudah merasakan kebebasan finansial.
Mau kayak gitu?

Punya Lebih dari Satu Investasi

Memiliki lebih dari satu investasi juga merupakan salah satu tanda kamu sudah bebas secara finansial. Ada banyak instrumen investasi yang bisa kamu pilih seperti reksa dana, obligasi, emas, properti hingga saham. Sesuaikan juga instrumen investasi yang kamu pilih dengan risiko yang akan kamu tanggung.

bebas finansial 2

Memiliki Asuransi yang Dibutuhkan

Kamu harus mempunyai asuransi untuk diri kamu sendiri dan seluruh anggota keluarga merupakan tanda kamu bebas secara finansial.

Asuransi tersebut mencakup asuransi kesehatan, asuransi jiwa, dan asuransi pendidikan untuk anak. Maka dari itu, kamu bisa tenang untuk menjalani hidup tanpa perlu khawatir lagi.

Kesimpulan

So, setelah membaca 9 tanda di atas, terus apakah sekarang kamu termasuk yang sudah mencapai bebas finansial? Atau kamu masih dalam tahap proses menuju ke sana?

Kalau belum, pasti bisa kok. Meski, semua itu perlu kerja keras dan strategi dalam meraihnya.

For the first step adalah belajar mengelola keuangan (pribadi dan keluarga). Kamu bisa belajar dasar pengelolaan keuangan secara komprehensif yang menjadi fondasi paling dasar dari step by step mewujudkan cita-citamu untuk bisa bebas finansial.

Jangan berhenti untuk belajar mengatur keuangan yang baik dan benar ya. Mulailah berinvestasi dari sekarang untuk membangun passive income menuju hidup bebas finansial.

Semangat!

One Response

  1. ainur rohim January 22, 2021

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.